Intip Kebersamaan TNI, Polri dan Masyarakat Bangun Pagar Puskesmas

Intip Kebersamaan TNI, Polri dan Masyarakat Bangun Pagar Puskesmas

tribratanewsngada.com- Suasana di Puskesmas Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo sangat ramai, Jumat (2/8/2019) pagi.

Pasalnya saat itu sekitar ratusan lebih orang berkumpul di depan halaman Puskesmas Danga tepatnya berhadapan dengan Kantor Camat Aesesa Jalan Jenderal Soeharto Kelurahan Danga Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo .

Ratusan lebih orang itu bukan pasien dan keluarga pasien melainkan beberapa anggota TNI dari Koramil Aesesa, anggota Polisi Polsek Aesesa, Kepala Desa, Lurah, warga dari wilayah kecamatan Aesesa.

Laki-laki dan perempuan saling berbaur saat kerja bakti dan saat itu mereka bergotong-royong atau kerja bakti bersama membuat pagar di kawasan Puskesmas Danga.

Pagar tersebut dibuat dengan bahan bambu yang telah disiapkan sehingga terlihat bagus dan rapi.

Mereka tampak saling bahu membahu mengerjakan pagar. Ada yang bersihkan bambu, ada yang pasang pagar dan adapula yang membersihkan sampah dan memotong rumput diseputaran kawasan itu.

Suhu udara saat itu menyengat kulit, namun mereka tetap semangat bekerja hingga pagar keliling Puskesmas Danga selesai dikerjakan.

kerja bakti ini melibatkan TNI , Polri dan masyarakat se kecamatan Aesesa.

kerja bakti tersebut dalam rangka memeriahkan bulan bakti gotong royong bersama masyarakat (BBGRM) karena Pemerintah Kecamatan Aesesa belum melaksanakan kegiatan BBGRM beberapa bulan lalu.

Hal itu disampaikan Camat Aesesa Pius Dhari seperti yang diterima Humas dari Kapolsek Aesesa AKP Ahmad, S.H., Jumat (02/08).

"Kami mulai jam 08.00 Wita hari ini. Sebelum kerja bakti kami apel bersama dulu," ujar Pius Dhari.

Ia mengatakan pembuatan pagar di Puskesmas tersebut dalam upaya mendukung Puskesmas Danga untuk proses akreditasi yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang.

"Ini juga untuk mendukung akreditasi Puskesmas Danga sehingga saya berinisiatif untuk mengundang seluruh kepala desa, lurah dan anggota dari Koramil Aesesa dan anggota Polisi, instansi terkait untuk melakukan kerja bakti bersama yaitu membangun pagar halaman dengan ruang tunggu dan beberapa kegiatan lain yang sudah direncanakan jadi buktinya hari ini kami mulai secara bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Aesesa, AKP Ahmad yang juga ikut dalam kerja bakti itu mengaku sangat mendukung upaya kecamatan Aesesa untuk membereskan pagar di kompleks Puskesmas Danga.

Karena selama ini terkesan tidak rapi dan ketika pagar bambu dikerjakan dan ditata sedemikian rupa sehingga akhirnya terlihat bagus. Penataan perlu ditingkatkan dan memang kerja bakti bersama bagian dari merawat kebersamaan.

"Ini partisipasi kita dan kegotongroyongan kami bersama menunjukan bahwa nilai-nilai yang baik untuk kita semua yang ada di sini," ujarnya.