Kapolsek Riung Amankan Benda Menyerupai Mortir

Kapolsek Riung Amankan Benda Menyerupai Mortir

tribratanewsmgada.com - Warga Dusun Bhaubelek Desa Lengkosambi Timur Kecamatan Riung Kabupaten Ngada menemukan sebuah benda menyerupai mortir, Rabu (31/7/2019)

Benda sejenis mortir tersebut telah diamankan oleh pihak kepolisian dan ditemukan oleh warga di Perairan Watubakok Desa Lengkosambi Timur Kecamatan Riung Kabupaten Ngada.

Kapolsek Riung Ipda Gunter Meo mengatakan Benda Menyerupai mortir tersebut di temukan warga atas nama Thomas Tola Djogo, bahwa benda yang dicurigai mortir tersebut ditemukan oleh bapak Hermanus Djogo (almarhum) pada tahun 1960.

"Benda Tersebut Kami telah amankan di Mapolsek Riung dan kami telah melaporkan ke Kapolres Ngada untuk mendapat penanganan lebih lanjut" tuturnya.

Di tempat terpisah salah satu warga
Thomas Tola Djogo yang menemukan benda tersebut menjelaskan, bahwa benda yang dicurigai mortir tersebut ditemukan oleh bapak Hermanus Djogo (almarhum) pada tahun 1960.kemudian benda tersebut diamankan di Kampung Lama Lokbanga Desa Lengkosambi Timur dan selang beberapa waktu dipindahkan ke Peringatin Kecamatan Aesesa.

Setelah itu benda tersebut di ambil kembali oleh bapaka Hermanus Djogo (almarhum) untuk disimpan di rumah, namun beberapa tahun benda tersebut diminta oleh bapak Ignasius Blita (80) asal Bhaubelek Desa Lengkosambi Timur dan saudara dari bapak Hermanus Djogo (Alm) untuk bahan Pembantu untuk pembuatan Parang (Sajam).

"Lalu benda yang menyerupai mortir tersebut ditanam disamping rumah milik Ignasius Blita untuk bahan pembantu pembuatan parang," tambahnya

Informasi lain yang dihimpun menyebutkan, adapun ukuran benda yang menyerupai mortir tersebut yaitu, panjang: 55 Cm diameter lebar: 12 Cm dan
bobot kurang lebih 30 Kg.

Benda tersebut dicurigai adalah peninggalan perang dunia II dan benda tersebut terlihat sudah berkarat.

Wakapolres Ngada, Kompol I Nyoman Surya Iriawan, SH, kepada Humas Polres Ngada, membenarkan kejadian penemuan benda sejenis mortir tersebut.

Kompol Surya menjelaskan Kapolsek Riung bersama anggota sudah turun ke lokasi untuk nengamankan barang yang menyerupai mortir tersebut untuk diamankan di Mapolsek Riung.

"Sementara masih diamankan di Polsek Riung dan dikoordinasikan dengan brimob/tim jibom Ende untuk meneliti apakah masih aktif atau sudah mati," ungkap Kompol Surya.